Sosialisasi Hidroponik Memanfaatkan Pekarangan Rumah, Menuju Masyarakat Mandiri

Persma Grahita - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik dan Terpadu Universitas Asahan (KKN TT UNA) melakukan sosialisasi pertanian bertajuk Pemanfataan Pekarangan Rumah dengan Teknik Hidroponik di Aula Balai Desa Sei Nadoras Kecamatan Bandar Pasir Mandoge Kabupaten Asahan pada Kamis (05/02/2020).

Sosialisasi yang dihadiri sekira tiga puluh masyarakat setempat ini bertujuan memberikan pengetahuan dan metode pertanian menuju masyarakan yang mandiri. Turut hadir dalam sosialisasi tersebut  Kepala Desa Sei Nadoras Hairul Sirait, S.H. yang diwakili oleh Perangkat Desa Sei Nadoras Kholizah, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Sei Nadoras Ari Chandra Manurung, dan unsur masyarakat.

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Asahan (FP UNA) Syafruddin, S.P., M.MA. dan Dosen FP UNA Deddy Wahyuddin Purba, S.P., M.Si., selaku narasumber, dalam pemaparannya mengingatkan pentingnya pengetahuan tentang pemanfaatan lahan perkarangan rumah menuju ketahanan pangan melalui pertanian, salah satunya melalui teknik hidroponik. Untuk mencapai masyarakat yang cerdas dan mandiri. Lebih lanjut, narasumber menjelaskan metode penanaman dengan hidroponik di hadapan peserta yang antusias.

Antusiasme masyarakat terlihat ketika Ibu Ros, salah satu peserta sosialisasi mengaku tertarik mencoba apa yang disampaikan narasumber.

"Sangat tertarik untuk mencoba cara tanam secara hiroponik dirumah", kata Ibu Ros seusai sosialisasi.

Senada dengan masyarakat, Ketua LPM Desa Sei Nadoras Ari Chandra Manurung juga nampak antusias untuk menyerap ilmu pengetahuan tentang hidroponik yang disampaikan narasumber.

"Semakin tertarik dan ingin mencuri ilmu dari sosialisasi ini", ungkapnya.

Kegiatan sosialisasi ini kemudian diakhiri dengan pemberian 500 ekor bibit ikan lele sebagai bentuk motivasi kemandirian kepada peserta sosialisasi dan foto bersama. (PM01)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak