Pasang Iklan Murah

Pasang Iklan Di Sini

Tips Membuat Dan Contoh CV Fresh Graduate Semua Jurusan

Tips Membuat Dan Contoh CV Fresh Graduate Semua Jurusan

Persmahasiswa.com - Fresh graduate adalah seseorang yang baru saja lulus dari perguruan tinggi atau sekolah yang memiliki program keahlian tertentu. Fresh graduate biasanya belum memiliki pengalaman kerja yang banyak, sehingga masih tergolong sebagai tenaga kerja muda yang membutuhkan pelatihan dan pengalaman untuk mengembangkan kemampuan dan kariernya.

Fresh graduate biasanya mencari pekerjaan pertama setelah lulus dari perguruan tinggi atau sekolah, sehingga menjadi sasaran utama bagi perusahaan yang mencari tenaga kerja muda yang memiliki kemampuan dan potensi yang tinggi. Namun, karena masih tergolong baru di dunia kerja, fresh graduate seringkali mengalami kesulitan dalam menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan keahliannya.

Bagi fresh graduate, penting untuk terus belajar dan meningkatkan keahlian sesuai dengan industri yang dipilih. Selain itu, jangan ragu untuk mencari peluang magang atau kerja paruh waktu untuk mendapatkan pengalaman kerja yang bermanfaat. Dengan demikian, fresh graduate akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bersaing di dunia kerja dan mengembangkan karier yang diinginkan.

Baca Juga: Contoh Deskripsi Diri dalam CV Mahasiswa

Tips Saat Menjadi Fresh Graduate Pengangguran

Tidak ada yang salah dengan menjadi fresh graduate pengangguran. Setiap orang pasti pernah mengalami masa-masa sulit dalam mencari pekerjaan, terutama bagi para fresh graduate yang baru saja lulus dari perguruan tinggi atau sekolah. Namun, jangan merasa malu atau tidak percaya diri karena masih menjadi fresh graduate pengangguran.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, di antaranya:

  • Terus belajar dan meningkatkan keahlian. Selalu update dengan perkembangan di industri yang kamu minati, serta terus belajar dan meningkatkan keahlian sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  • Cari peluang magang atau kerja paruh waktu. Selain menambah pengalaman, kamu juga dapat menambah jaringan yang bermanfaat saat mencari pekerjaan.
  • Buat CV yang menarik dan sesuai dengan posisi yang dilamar. Pastikan untuk menyertakan informasi yang relevan dengan posisi yang dilamar, serta memperlihatkan keahlian yang kamu miliki.
  • Persiapkan diri untuk wawancara kerja. Latihan menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan saat wawancara, seperti mengenai kelebihan dan kekurangan kamu, serta alasan mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan tersebut.
  • Jangan ragu untuk bertanya. Jika kamu memiliki pertanyaan terkait dengan posisi yang dilamar, jangan ragu untuk bertanya kepada HRD atau pihak yang bertanggung jawab. Ini akan memperlihatkan bahwa kamu serius dan peduli terhadap pekerjaan yang akan kamu ambil.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat mengatasi masalah menjadi fresh graduate pengangguran dan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan keahlianmu.

Baca Juga: Contoh CV Organisasi Mahasiswa

Selain mengikuti tips di atas, kamu juga bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasi masalah menjadi fresh graduate pengangguran:

  • Jangan merasa rendah diri. Jangan biarkan kegagalan mencari pekerjaan mempengaruhi mental kamu. Jadikan ini sebagai tantangan dan pelajaran untuk terus belajar dan meningkatkan diri.
  • Tetap positif dan optimis. Jangan menyerah dan terus berusaha mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan keahlian kamu. Selalu percaya bahwa kesempatan akan selalu ada bagi mereka yang terus berusaha.
  • Jangan takut untuk mencoba hal baru. Jika terdapat peluang yang tidak sesuai dengan keinginanmu, jangan ragu untuk mencoba. Mungkin peluang tersebut dapat memberikan pengalaman yang bermanfaat bagi karier kamu di masa depan.
  • Mintalah bantuan kepada teman atau keluarga. Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan kepada  keinginan kamu kepada perusahaan yang kamu lamar. Jangan ragu untuk menyatakan keinginan kamu untuk bergabung dengan perusahaan yang kamu lamar, serta menjelaskan bagaimana kamu dapat membantu perusahaan dalam posisi yang dilamar.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu akan lebih siap dalam menghadapi masalah menjadi fresh graduate pengangguran dan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan keahlian.

Contoh CV Fresh Graduate Semua Jurusan

Berikut adalah contoh CV Fresh Graduate untuk fresh graduate yang dapat kamu jadikan referensi:

Nama: Natasha Williams

Tempat, Tanggal Lahir: Bandung, 1 Mei 1995

Alamat: Jalan Cipanas No. 15, Bandung

Telepon: 081234123456

Email: natashawilliams@gmail.com

Pendidikan:

  • S1 Teknik Industri, Institut Teknologi Bandung (2015-2019)
  • SMA Negeri 5, Bandung (2011-2015)

Pengalaman Kerja:

  • Magang di PT. ABC, Bandung (2018)
  • Pekerja paruh waktu di Cafe XYZ, Bandung (2016-2017)

Keahlian:

  • Menguasai Microsoft Office
  • Menguasai AutoCAD
  • Mampu bekerja dalam tim

Hobi:

  • Renang
  • Membaca

Referensi:

  • Tersedia upon request

Catatan:

  • Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia

Baca Juga: Contoh CV ATS

Semoga contoh di atas dapat membantu kamu dalam membuat CV yang menarik dan menjual diri kamu ke perusahaan yang akan kamu lamar. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan persyaratan perusahaan yang kamu tuju. Selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar