Pasang Iklan Murah

Pasang Iklan Di Sini

Diskusi Mahasiswa KKN FP UNA yang Didampingi oleh DPL di Balai Desa Silo Lama


Dihari kedua, Selasa 23 Maret 2021 pelaksanaan kegiatan KKN mahasiswa/i Universitas Asahan melakukan diskusi dengan kepala desa beserta kepala dusunnya di Desa Silo Lama, Kecamatan Silo Laut.

Banyak pembahasan dan pertanyaan yang disampaikan oleh pihak kadus. Seperti budidaya jamur tiram yang berada didusun 4 silo lama. 

Sulitnya proses dan budidaya jamur tiram mulai dari memperoleh bibit, perawatan, wadah atau tempat proses budidaya, hingga kesulitan dalam pemasaran pun disampaikan oleh ibu karmini, selaku kadus 2.

Begitu juga dengan bapak Leo Martin selaku kadus 9, menyampaikan keluhannya dalam melakukan budidaya jahe dan cara memanfaatkan lahan perkarangan rumah untuk menambah pendapatan rumah tangga, khususnya untuk warga didusun 9 tersebut.

Dengan jelas dan rinci bapak Syafrizal Hasibuan S.P.,M.P selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) mahasiswa KKN Universitas Asahan memaparkan dan menerangkan solusi dan masukkan dari keluhan-keluhan yang dialami warga desa. 

"Kita harus turun kelapangan (lahan), kita observasi dahulu kemudian kita tahu apa penyebab dari masalah pertanian dan budidaya tanaman tersebut. singkatnya", Bpk Syafrizal Hasibuan.

Kemudian disampaikan oleh Muhammad Yuda Saragih, selaku ketua kelompok KKN UNA bahwasanya kami siap membantu segala program dan kegiatan yang ada didesa, khususnya dibidang pertanian. karena kami disini sifatnya pengabdian masyarakat.

Dari hasil diskusi pagi ini bapak Siman selaku kepala desa berharap besar kepada mahasiswa/i KKN UNA yang didampingi DPL dapat membantu petani-petani yang ada di desa dalam menyelesaikan permasalahan pertanian tersebut. Dan disampaikan juga agar jalinan silaturahmi dan kerjasama antara mahasiswa Fakultas Pertanian UNA kepada Desa Silo Lama ini dapat berkepanjangan, tidak hanya batas waktu KKN ini berlangsung.


Artikel ini ditulis oleh:
Muhammad Yuda Saragih (yudhasaragih458@gmail.com)
Asal Fakultas: Fakultas Pertanian
Alamat: Jl. Besar BP Mandoge

Seluruh isi konten artikel di atas merupakan tanggung jawab penuh penulis.
Kamu bisa mengirimkan artikel untuk dimuat di situs Pers Mahasiswa Grahita melalui halaman Kirim Artikel.

Posting Komentar

0 Komentar