Pasang Iklan Murah

Pasang Iklan Di Sini

Buka Lagi, Ini Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Tahun 2024

Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Tahun 2024

Pemerintah resmi membuka pendaftaran untuk Program Kartu Prakerja 2024, sebuah inisiatif yang telah diumumkan melalui akun resmi Instagram @prakerja.go.id. "Pendaftaran udah dibuka lagi nih Sob! Langsung meluncur ke www.prakerja.go.id dan klik 'Daftar Sekarang' untuk buat akun kamu sekarang juga," demikian bunyi keterangan di akun tersebut.

Untuk yang belum memahami, berikut informasi lengkap terkait pendaftaran Kartu Prakerja 2024 yang patut menjadi perhatian:


Syarat Kartu Prakerja 2024

Calon peserta Kartu Prakerja harus memenuhi beberapa syarat, antara lain:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dengan usia minimum 18 tahun dan maksimum 64 tahun.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Sedang mencari pekerjaan, pekerja/buruh yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, termasuk pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  • Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa, serta Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam 1 Kartu Keluarga (KK) yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.


Cara Buat Kartu Prakerja 2024

Proses pendaftaran Kartu Prakerja dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka situs www.prakerja.go.id.
  • Pilih menu "Daftar" jika belum memiliki akun. Lakukan pendaftaran dan isi data diri, termasuk NIK, KK, foto KTP, nomor HP aktif, dan informasi pribadi lainnya yang diperlukan untuk verifikasi.
  • Jika sudah memiliki akun, pilih "Masuk" menggunakan email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  • Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar yang disediakan.
  • Apabila gelombang pendaftaran telah dibuka, klik "Gabung Gelombang".
  • Tunggu konfirmasi atau pengumuman kelulusan setelah proses evaluasi oleh pihak penyelenggara selesai.

Bagi peserta yang lulus seleksi, mereka akan mendapatkan nomor Kartu Prakerja dan saldo pada dashboard akun mereka. Peserta yang lolos harus memilih pelatihan sesuai minat mereka.


Manfaat Kartu Prakerja 2024

Mendaftar Kartu Prakerja 2024 memberikan sejumlah manfaat, di antaranya:

  • Saldo bantuan pelatihan sebesar Rp 3,5 juta.
  • Insentif biaya mencari pekerjaan sebesar Rp 600 ribu.
  • Insentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei, dengan total dua kali survei.

Dengan informasi ini diharapkan dapat membantu para pencari kerja untuk memanfaatkan Program Kartu Prakerja 2024 dan meraih manfaat yang ditawarkan.


Selain itu, penting bagi calon peserta untuk memahami bahwa Program Kartu Prakerja 2024 tidak hanya memberikan insentif finansial, tetapi juga memberikan akses kepada peserta untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi melalui berbagai pelatihan yang tersedia. Berikut adalah langkah-langkah tambahan setelah pendaftaran:


Pelaksanaan Program Kartu Prakerja 2024

Setelah menerima konfirmasi kelulusan, peserta dapat memilih pelatihan sesuai minat dan kebutuhan mereka. Pilihan pelatihan mencakup berbagai bidang, mulai dari teknologi informasi, keterampilan digital, hingga keahlian industri tertentu.

Peserta wajib menyelesaikan pelatihan yang dipilih dan aktif mengikuti kegiatan pembelajaran yang disediakan oleh penyelenggara.


Insentif Keuangan

Saldo bantuan pelatihan sebesar Rp 3,5 juta akan diberikan kepada peserta untuk menutupi biaya pelatihan yang diikuti.

Insentif biaya mencari pekerjaan sebesar Rp 600 ribu dapat membantu peserta dalam proses mencari pekerjaan baru atau meningkatkan keterampilan yang dapat meningkatkan daya saing di pasar kerja.


Partisipasi Aktif

Peserta juga diharapkan untuk aktif mengisi survei evaluasi yang disediakan sebagai bentuk umpan balik terhadap pelaksanaan program. Insentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei memberikan kesempatan peserta untuk berpartisipasi secara lebih aktif.


Informasi dan Update Kartu Prakerja 2024

Peserta disarankan untuk terus memantau informasi dan update terkait program melalui situs resmi www.prakerja.go.id atau akun media sosial resmi @prakerja.go.id.

Dengan demikian, Program Kartu Prakerja 2024 memberikan peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan keterampilan dan mendapatkan dukungan finansial selama proses pembelajaran. Peserta diharapkan dapat memanfaatkan program ini secara maksimal untuk meraih peluang karier yang lebih baik di masa depan.

Posting Komentar

0 Komentar