Tutorial Singkat Membuat Akun dan Membubuhkan E-Meterai Via Aplikasi Pospay

Tutorial Singkat Membuat Akun dan Membubuhkan E-Meterai Via Aplikasi Pospay

Pelamar PPPK (P3K) atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023 harus tau ini. Dalam Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) tahun 2023 ada intruksi khusus seperti pembubuhan meterai menggunakan e-Meterai yaitu materai digital pada dokumen pernyataan maupul surat lamaran.

Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi pengalaman dalam membuat akun e-Meterai sendiri melalui aplikasi Pospay. Dalam aplikasi ini saya melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu untuk selanjutnya membuat akun rekening giro. Bagaimana cara selanjutnya dalam proses pendaftaran akun sampai pembubuhan e-meterai dalam persyaratan dokumen khususnya P3K dan CPNS? Berikut penjelasannya.


Membuat Akun Pospay

Pertama-tama kita harus menginstall aplikasi resmi Pos Indonesia bernama Pospay melalui link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.posindonesia.giropos atau cari melalui Play Store dari android kamu masing-masing atau App Store jika kamu menggunakan i-Phone.

Saran saya perhatikan baik-baik developer aplikasinya adalah Pos Indonesia, ini agar kamu tidak salah install aplikasi yang akhirnya membuat penuh memori ponsel kamu.

Setelah berhasil proses pemasangan atau instalasi aplikasi Pospay, sekarang kamu harus membuat akun baru atas nama kamu. Siapkan email dan nomor HP aktif untuk pengiriman kode OTP.


Pembuatan Rekening Giro

Tutorial Singkat Membuat Akun dan Membubuhkan E-Meterai Via Aplikasi Pospay

Saya pikir rekening giro ini fungsinya sama yaitu sebagai media pembelian dan pembayaran. Setela selesai membuat akun Pospay tadi, sekarang kamu harus membuat akun rekening giro dengan cara yang sama yaitu menyiapkan nomor HP aktif untuk kode OTP.

Setelah selesai memasukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS, selanjutnya kamu akan diminta membuat PIN 6 angka sebagai PIN transaksi pembelian e-Meterai.


Cara Membeli E-Meterai

Setelah membuat akun dan rekening giro selesai, kamu boleh melakukan tambah saldo rekening melalui pembayaran virtual account. Di halaman dashboard, silahkan klik Tambah Saldo, kemudian pilih metode penambahan saldo.

Tutorial Singkat Membuat Akun dan Membubuhkan E-Meterai Via Aplikasi Pospay

Setelah berhasil menambah saldo, selanjutkan kamu cari menu Meterai kemudian klik. Pilih menu Beli e-Meterai. Setelah itu akan muncul tampilan dashboard e-Meterai kamu. Di sana nampak sisa balance e-meterai kamu. Klik Isi Ulang untuk melakukan pembelian e-Meterai, pilih jumlah e-meterai yang ingin kamu beli. Lalu kamu diminta membayar e-Meterai menggunakan metode pembayaran rekening giro tadi.


Berapa harga E-Meterai

Tutorial Singkat Membuat Akun dan Membubuhkan E-Meterai Via Aplikasi Pospay

Dalam aplikasi Pospay, di hari saya menulis artikel ini, harga e-Meterai 10.000 adalah sebesar Rp. 11.000 (sebelas ribu) yang dibayar menggunakan metode pembayaran rekening giro. Itu berarti ada perbedaan Rp. 1.000 dengan harga meterai tempel biasa yang seharga Rp. 10.000 (sepuluh ribu) jika dibeli langsung di kantor pos terdekat.


Cara Membubuhkan E-Meterai

Tutorial Singkat Membuat Akun dan Membubuhkan E-Meterai Via Aplikasi Pospay

Saat selesai membeli E-Meterai seperti cara-cara di atas, kamu bisa langsung klik menu Pembubuhan untuk melakukan pembubuhan dokumen. Kamu akan diminta memasukkan tanggal pembubuhan, kemudian memilih nomor dokumen, memilih tipe dokumen, selanjutnya mengupload file dokumen yang ingin kamu bubuhi e-Meterai.

Sebagai informasi, file yang bisa dikirim hanya file berformat PDF dengan ukuran maksimal file yang bisa kamu upload sebesar 25 MB. Jika file kamu terlalu besar, kamu bisa mengecilkan ukuran dokumen. Lihat di google cara mengecilkan ukuran file PDF atau melakukan kompresi file.


Penutup

Akhirnya selesai saya membagikan pengalaman saya dalam membuat akun e-Meterai hingga membubuhkan E-Meterai dalam dokumen. Buat teman-teman pendaftar PPPK dan CPNS semoga semua urusannya lancar ya. Sukses buat kita semua.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak