Recents in Beach

Pasang Iklan Di Sini

Sebelum Viral Rumput, Stadion JIS Sudah Jadi 10 Stadion Termegah Di Dunia

Sebelum Viral Rumput, Stadion JIS Sudah Jadi 10 Stadion Termegah Di Dunia

Persmahasiswa.com - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu karya monumental terbaik yang dilakukan oleh anak-anak bangsa Indonesia. Stadion ini dibangun di lahan seluas 221.000 meter persegi dan melibatkan 3.036 pekerja. JIS diakui secara internasional sebagai salah satu dari 10 stadion termegah di dunia versi Daily Mail UK. Saat ini, JIS memiliki 4 akses masuk dan 127 pintu masuk ke tribun untuk para penonton. Untuk parkir, tidak ada batasan minimal yang harus dipenuhi sesuai dengan panduan stadion FIFA. Namun, JIS menyediakan 1.200 tempat parkir yang didedikasikan untuk penonton.

Stadion ini merupakan yang terbesar di Indonesia dengan kapasitas hingga 82.000 penonton. Luas JIS hampir sama dengan stadion Real Madrid, Santiago Bernabeu. Selain itu, pembangunannya juga berhasil memecahkan rekor MURI untuk 3 kategori, termasuk Struktur Atap Stadion terberat dan Benteng Lifting terpanjang, stadion atap buka-tutup pertama di Indonesia, serta sertifikasi platinum green building.

Untuk meningkatkan pelayanan transportasi publik, JIS dapat diakses melalui 3 rute Transjakarta, yaitu JIS 3 (Harmoni - JIS), Rute 14 (JIS - Senen), dan Rute 12P (LRT Pegangsaan dua - JIS). Terdapat juga 2 layanan kereta api, yaitu Stasiun Ultimate yang masih dalam pembangunan dan Stasiun Temporer yang telah dimulai pada Oktober 2022.

JIS dibangun dengan berpedoman pada rekomendasi dari FIFA, banyak stadion lain di Indonesia yang kualitasnya tidak lebih baik tetap mendapatkan izin untuk mengadakan pertandingan. Standarisasi JIS telah diajukan sejak musim 2022, tetapi belum disetujui oleh operator dan PSSI. Polemik juga muncul terkait rumput lapangan JIS, di mana proyek rumput yang dilakukan oleh PT Karya Rama Prima diduga tidak sesuai dengan rekomendasi FIFA, meskipun desainnya disusun oleh konsultan Tottenham Hotspur Stadium dan sesuai standar FIFA.

Lapangan JIS sudah digunakan beberapa kali untuk pertandingan tim-tim internasional seperti Barcelona U18, Atletico Madrid U18, dan Chonburi FC Thailand pada tahun 2022. JIS telah memberikan pengalaman yang baik bagi para pemain. Grand Launching Jakarta International Stadium diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 70.000 penonton.

Selain itu, JIS juga telah menyelenggarakan acara-acara lain seperti Jisphoria dan Indonesia Melek Digital. Namun, acara-acara sebelumnya menghadapi kendala dalam manajemen kerumunan dan rekayasa lalu lintas. Kendala tersebut juga menyebabkan keterlambatan dalam penyelesaian waktu konser dan berdampak pada shuttle bus yang melebihi jam operasional yang telah disepakati dalam perjanjian kerjasama.

Jakarta International Stadium telah menjadi tuan rumah berbagai acara olahraga dan hiburan yang besar. Stadion ini telah menjadi tempat penyelenggaraan pertandingan sepak bola tingkat nasional dan internasional, termasuk pertandingan Liga 1 Indonesia dan pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA. Selain sepak bola, JIS juga telah menjadi lokasi untuk konser musik besar dan acara hiburan lainnya.

Pada setiap penyelenggaraan acara, JIS berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang terbaik bagi para penonton. Stadion ini dilengkapi dengan fasilitas modern, termasuk layar LED raksasa yang memastikan setiap penonton dapat menikmati aksi di lapangan dengan jelas. Selain itu, JIS juga memiliki sistem soundsystem yang canggih untuk menghasilkan kualitas suara yang optimal di seluruh stadion.

Dalam upaya meningkatkan kenyamanan dan keamanan para pengunjung, JIS bekerja sama dengan pihak berwenang dan instansi terkait untuk memperkuat manajemen kerumunan dan pengaturan lalu lintas. Hal ini dilakukan untuk memastikan semua orang dapat tiba dan meninggalkan stadion dengan aman dan lancar.

Sebagai salah satu ikon baru kota Jakarta, Jakarta International Stadium tidak hanya menjadi bangga bagi masyarakat Indonesia, tetapi juga menjadi daya tarik bagi wisatawan asing yang tertarik dengan olahraga dan hiburan. Dengan fasilitas dan standar internasionalnya, JIS telah membantu mengangkat citra Indonesia sebagai tuan rumah acara-acara besar dan mengukuhkan posisi Jakarta sebagai pusat kegiatan olahraga dan hiburan yang bergengsi di kawasan ini.

Melalui pencapaian dan prestasinya, Jakarta International Stadium telah membuktikan potensi besar yang dimiliki oleh anak-anak bangsa Indonesia dalam menghasilkan karya-karya monumental yang mengesankan. Stadion ini menjadi simbol kebanggaan dan semangat untuk terus berkarya dan menghadirkan prestasi yang gemilang di berbagai bidang.

Posting Komentar

0 Komentar