Pasang Iklan Murah

Pasang Iklan Di Sini

Ini Contoh Makalah Yang Benar Untuk Mahasiswa Baru

Ini Contoh Makalah Yang Benar Untuk Mahasiswa Baru

Persmahasiswa.com - Contoh makalah yang benar merupakan sesuatu yang cukup sering dicari oleh mahasiswa. Apalagi, membuat karya ilmiah berupa makalah sudah menjadi bagian dalam kehidupan kampus mahasiswa sebagai tugas kuliah. Pada dasarnya, makalah adalah karya tulis ilmiah yang dibuat untuk menghasilkan suatu gagasan terhadap permasalahan tertentu.

Pengertian Makalah

Menurut salah salah satu tokoh sastra Indonesia, W.J.S. Poerwadarminta, makalah adalah uraian tertulis yang dikemukakan guna memperoleh pembahasan lebih lanjut terkait suatu permasalahan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), makalah adalah tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidagan dan yang sering disusun untuk diterbitkan. Di samping itu, KBBI juga mengartikan makalah sebagai karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah tau perguruan tinggi.

Struktur Makalah

Sebagai karya ilmiah, pembuatan contoh makalah yang benar tentu harus mengikuti struktur dan kaidah tertentu. Di samping itu, mesti ada tema yang menjadi pokok permasalahan yang akan dibahas dalam makalah. Meneruskan catatan Gramedia, adapun struktur makalah dapat diurutkan sebagai berikut:

  • Sampul Makalah/ Cover Berisi identitas penulis, logo, tempat dan tahun terbit. Penulisannya biasanya menggunakan rata tengah (center).
  • Kata Pengantar Berisi sambutan atau ucapan syukur dan terima kasih terhadpa pihak-pihak yang berkontribusi terhadap penulisan makalah.
  • Daftar Isi Memuat informasi halaman dan judul/sub judul pada halaman tertentu.
  • Bab I: Pendahuluan Bab I biasanya terdiri dari tiga sub judul, yakni latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan. Latar belakang berisi data atau fakta terkait suatu masalah yang hendak dibahas dalam makalah. Rumusan masalah memuat pertanyaan yang nantinya akan dijawab dalam makalah. Sementara, tujuan berisi manfaat dari makalah yang ditulis.
  • Bab II: Pembahasan Bab ini berisi uraian pokok dari permasalahan yang dibahas dalam makalah yang disesuaikan dengan bab I. Bagian ini biasanya mencakup landasan teori hingga penyelesaian dari suatu masalah.
  • Bab III: Penutup Bagian penutup biasanya memuat kesimpulan dan saran dari permasalahan yang sudah dibahas pada bagian pembahasan.
  • Daftar Pustaka Memuat referensi yang digunakan sebagai sumber atau bahan penelitian dalam penulisan makalah. Referensi tersebut dapat berupa jurnal, buku, atau data dan fakta valid lainnya.
  • Lampiran (kalau ada) Berisi seluruh gambar/ foto/ grafik atau data yang mendukung dalam pembuatan makalah.

Contoh Makalah Yang Benar

Dalam membuat Contoh makalah yang benar, diperlukan untuk menuliskan struktur maaklah di atas dengan benar dan rapi. Hal ini agar ketika dibaca bahkan dinilai oleh dosen, makalah yang diajukan layak untuk dipresentasikan di depan kelas.

Untuk menyusun makalah mata kuliah apapun, cobalah untuk mengikuti pedoman penulisan makalah yang benar menurut kampus masing-masing. Hal ini karena tentu di tiap-tiap kampus memiliki pedoman penyusunannya masing-masing.

Atau bila ingin mencoba membuat suatu makalah, berikut ini adalah penggalan Contoh makalah yang benar untuk kamu jadikan sebagai referensi penulisan.


1. Contoh Cover Makalah

MAKALAH

PENGANTAR ANTROPOLOGI “DINAMIKA MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN”

(Logo Universitas)

Disusun oleh: ...... ...... 

Fakultas.....

UNIVERSITAS .......

(Tahun...)


2. Contoh Kata Pengantar Makalah

Kata Pengantar Puji syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat-Nya sehingga makalah dengan judul “Dinamika Masyarakat dan Kebudayaan” ini dapat tersusun hingga selesai. Tidak lupa juga kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.

Penyusunan makalah ini bertujuan untuk memenuhi nilai tugas dalam mata kuliah Pengantar Antropologi. Selain itu, pembuatan makalah ini juga bertujuan agar menambah pengetahuan dan wawasan bagi para pembaca.

Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman maka kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempuraan makalah ini.

Akhir kata, semoga makalah ini dapat berguna bagi para pembaca.

(Tempat), (Tanggal, bulan, dan tahun)   (Tanda tangan)

Penyusun


3. Contoh Daftar Isi Makalah

Daftar Isi

Kata Pengantar...........................................................................(Halaman)

Daftar Isi........................................................................................(Halaman)

BAB I: PENDAHULUAN..........................................................(Halaman)

1.1 Latar Belakang......................................................................(Halaman)

1.2 Rumusan Masalah..............................................................(Halaman)

1.3 Tujuan Penulisan........................................................................(Halaman)

BAB II: PEMBAHASAN............................................................(Halaman)

2.1 Pengertian Dinamika.........................................................(Halaman)

2.2 Pengertian Masyarakat....................................................(Halaman)

2.3 Pengertian Kebudayaan...................................................(Halaman)

2.4 Pengertian Dinamika Masyarakat dan Kebudayaan..................(Halaman)

BAB III: PENUTUP............................................................................(Halaman)

3.1 Kesimpulan............................................................................... (Halaman)

Daftar Pustaka.................................................................................(Halaman)


4. Contoh BAB I: PENDAHULUAN Makalah

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Kebudayaan merupakan seluruh cara hidup manusia. Manusia mempunyai salah satu sifat yang paling mendasar yaitu berubah atau melakukan perubahan. Perubahan tersebut tentu memengaruhi cara-cara hidup manusia beserta masyarakat sekitarnya sehingga terjadilah perubahan kebudayaan atau yang disebut dengan dinamika kebudayaan.

Dinamika kebudayaan merupakan suatu hal yang unik dan menjadi perhatian para ahli antropologi. Para ahli banyak meneliti hingga terlahirlah konsep-konsep dinamika kebudayaan. ............... (dst)

1.2. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah maka dapat dirumuskan suatu pokok masalah yang kemudian disusun dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut:

  1. Apa yang dimaksud dengan dinamika?
  2. Apa yang dimaksud dengan masyarakat?
  3. Apa yang dimaksud dengan kebudayaan?
  4. Apa yang dimaksud dengan dinamika masyarakat dan kebudayaan secara umum?
  5. Apa saja konsepsi-konsepsi khusus mengenai pergeseran masyarakat dan kebudayaan?
  6. Apa saja contoh dalam kehidupa sehari-hari berdasarkan konsepsi-konsepsi tersebut?

1.3. Tujuan Penulisan

Adapun tujuan dalam pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk memenuhi nilai tugas mata kuliah Pengantar Antropologi.
  2. Untuk menambah wawasan tentang dinamika masyarakat dan keebudayaan.
  3. Untuk mengetahui konsep-konsep mengenai pergeseran masyarakat dan kebudayaan.
  4. Untuk mengetahui contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari mengenai pergeseran masyarakat dan kebudayaan.

5. Contoh BAB II: PEMBAHASAN Makalah

BAB II

PEMBAHASAN 

2.1. Pengertian Dinamika

Dinamika adalah sesuatu yang mengandung arti tenaga kekuatan, selalu bergerak, berkembang dan dapat menyesuaikan diri secara memadai terhadap keadaan. Dinamika juga berarti adanya interaksi dan interdependensi antara anggota kelompok dengan kelompok secara keseluruhan.

Keadaan ini dapat terjadi karena selama ada kelompok, semangat kelompok (group spirit) terus-menerus ada dalam kelompok itu, oleh karena itu kelompok tersebut bersifat dinamis, artinya setiap saat kelompok yang bersangkutan dapat berubah.

2.2. Pengertian Masyarakat

Masyarakat (sebagai terjemahan istilah society) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), di mana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata "masyarakat" berasal dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Lebih abstraknya, sebuah masyarakat adalah suatu jaringan hubungan-hubungan antar entitas.

Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur. 

2.3. Pengertian Kebudayaan

Kebudayaan merupakan hasil cipta, rasa, dan karsa manusia yang biasa disebut sebagai karya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebudayan juga dapat diartikan sebagai keseluruhan sistem, gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. .......(dst)


6. Contoh BAB III: PENUTUP Makalah

BAB III

PENUTUP

3.1. Kesimpulan

Dinamika masyarakat dan kebudayaan adalah pergerakan atau pergeseran suatu budaya (meliputi pengetahuan, gagasan, dan ide) atau kebiasaan masyarakat dari hal lama kepada suatu hal baru. Internalisasi adalah proses panjang sejak manusia dilahirkan sasmpai ia hampir  meninggal, dimana ia belajar menanamkan dalam kepribadiannya segala perasaan hasrat, nafsu, serta emosi yang diperlukannya sepanjang hidupnya.

Sosialisasi adalah pengenalan kehidupan pada mahluk baru; bayi/ lingkungan baru, proses sosialisasi ditentukan oleh susunan kebudayaan dan lingkungan sosial yang bersangkutan. .... (dst) Saran ....(dst)


7. Contoh Daftar Pustaka Makalah

Daftar Pustaka

  • Aziz, Dra. Arnicum. 1990. Ilmu Sosial Dasar. Jakarta:Bumi Aksara.
  • Bakker Sj., JMW. 1985. Filsafat Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius.
  • Koentjaraningrat. 2002. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Posting Komentar

0 Komentar