Pasang Iklan Murah

Pasang Iklan Di Sini

Di Rumah Produksi Jipang, Opak Bawang, dan Kerupuk Jengkol, Mahasiswa KKN UNA Lakukan Pemetaan Home Industri Desa Aek Loba

Persma Grahita - Mahasiswa KKN Universitas Asahan kelompok 08 Desa Aek Loba melakukan kunjungan untuk pemetaan potensi Home Industri di Desa Aek Loba Kecamatan Aek Kuasan Kabupaten Asahan pada Sabtu (22/02/2020) pagi. Kegiatan tersebut dipusatkan di home industri pembuatan jipang, opak bawang, dan kerupuk jengkol.

Pelaku home industri ini merupakan warga Desa Aek Loba yang dalam aktivitas produksinya melibatkan masyarakat yang ada di desa tersebut. Bahan baku yang digunakan untuk produksi pun turut memanfaatkan hasil alam yang ada di desa tersebut.

Aktivitas home industri ini, menurut Muhammad Surya selaku Ketua KKN UNA Kelompok 08 Desa Aek Loba, dapat berdampak pada kemandirian perekonomian Desa Aek Loba, khususnya masyarakat yang terlibat langsung dalam aktivitas home industri. Hal itu dilatarbelakangi adanya masyarakat yang mampu memanfaatkan sumber daya sekitar.

"Pemetaan ini merupakan langkah awal, karena dengan melakukan pemetaan potensi home industri, dapat diketahui bagaimana agar masyarakat Desa Aek Loba lebih maju menuju kemandirian ekonomi," kata Surya.

Mahasiswa KKN UNA di Rumah Produksi Jajanan Jipang.

Mahasiswa KKN UNA di Rumah Produksi Jajanan Opak Bawang dan Kerupuk Jengkol.

Lebih lanjut, Surya juga menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan cara untuk melihat potensi desa yang ada untuk dapat dikembangkan kedepannya, hal itu sesuai dengan pesan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN UNA Kelompok 08 Desa Aek Loba Wan Nurul Atikah, M.Pd yang menekankan untuk selalu menggali  potensi yang ada di Desa Aek Loba supaya dapat dikembangkan.

Di tempat yang sama, dengan adanya kunjungan dalam rangka pemetaan ini, Pak Giran selaku penggiat home industri yang ada di Desa Aek Loba menyambut  baik dan antusias dengan harapan supaya home industri yang ada di Desa Aek Loba lebih baik dan berkembang kedepannya.

"Terima Kasih adik- adik mahasiswa yang berkunjung ke usaha kami. Semoga usaha rumahan seperti kami ini bisa lebih berkembang dan membantu perekonomian desa", harap Pak Giran. (PM01)

Posting Komentar

0 Komentar