50 Pekerja Proyek Asahan III Terpapar Covid-19

50 Pekerja Proyek Asahan III Terpapar Covid-19
Aktivitas Pekerja Proyek Asahan III. Sc: republika.com

Sebanyak 50 orang karyawan perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Asahan III, yang berlokasi di Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan dan Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut), dilaporkan terpapar Covid-19.

Dilansir beritasatu.com, Kepala Dinas Kesehatan Toba, Juliwan Hutapea mengatakan, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Toba bersama dengan dinas kesehatan sudah turun ke lokasi PLTA Asahan III di Toba. Petugas kesehatan sudah mengambil langkah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Sudah dilakukan tracing (pelacakan), testing (pemeriksaan), dan treatment (perawatan) terkait 50 orang karyawan PLTA Asahan III setelah dinyatakan positif Covid-19. Termasuk upaya melakukan penyemprotan cairan disinfektan," ujar Juliwan Hutapea, Kamis (28/1/2021).

Senior Manager Konstruksi II PLN UIP KITSUM Abdul Haris mengatakan, sebanyak 50 orang pekerja PLTA Asahan III yang terpapar virus corona itu meliputi 46 orang dari PT Shimizu-Adhi Karya Joint Operation dan 4 orang dari perusahaan konsultan PT Nippon Koei. Para pekerja diketahui terpapar berdasarkan hasil tracing dan kemudian dilanjut swab test Covid-19 pada 21-23 Januari 2021.

Setelah mengetahui pekerja terpapar virus corona maka diambil keputusan untuk memperluas tracing. Selain itu, kegiatan dalam operasional di dalam lingkungan kerja di sekitar perusahaan untuk sementara dihentikan dulu. Keputusan ini demi kebaikan bersama mengantisipasi penyebaran.

"Masalah pekerja terpapar diketahui setelah dilakukan swab test oleh perusahaan yang bekerja sama dengan tenaga kesehatan. Ada sebanyak 600 orang pekerja yang mengikuti swab test itu. Hasilnya, sebanyak 46 orang dari pihak kontraktor dan 4 orang dari konsultan, total 50 orang diketahui positif Covid-19," jelasnya.

"Sedangkan untuk 35 orang karyawan lainnya berasal dari luar kota. Termasuk ada 4 orang lainnya yang merupakan warga negara asing (WNA) juga terpapar. Kita sudah berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 dalam menekan penyebaran virus corona ini," sebut Saruhum.

Disebutkan, dari jumlah 50 orang yang terpapar tersebut, sebanyak 33 orang di antaranya menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) FL Tobing Tanjung Morawa, 7 orang di RSU Bunda Thamrin Medan, dan 3 orang di RSU Siloam Medan. Sedangkan 7 orang lainnya menjalani isolasi mandiri.

Koordinator Satuan Pengaduan PT Simizu Adi Karya (Sajo), Saruhum Rambe mengatakan, dari 50 orang pekerja yang terpapar virus corona, sebanyak 11 orang merupakan pekerja lokal yang terdiri dari 6 orang warga asal Kabupaten Toba dan 5 orang lagi asal Kabupaten Asahan.

Sumber: beritasatu.com / https://www.beritasatu.com/nasional/724941/50-orang-pekerja-plta-asahan-iii-terpapar-covid19

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak