Pasang Iklan Murah

Pasang Iklan Di Sini

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Mahasiswa KKN UNA Sosialisasi Budidaya Ikan Lele

Persma Grahita - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Terpadu Universitas Asahan (KKN TT UNA) Kelompok 08 Desa Aek Loba melakukan sosialisasi budidaya ikan lele di Balai Desa Aek Loba pada Senin (09/03/2020).

Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Aek Loba Ir. Ponimin, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 16/PR Serda I.S.Y Koto, Kepala Dusun se Desa Aek Loba, Narasumber Asprin Tamba, S.Pi., M.Si, serta Masyarakat Desa Aek Loba.

Sosialisasi ini dilatarbelakangi oleh potensi perikanan di Desa Ael Loba juga yang terbilang cukup tinggi. Budidaya ikan lele merupakan salah satu peluang usaha yang cukup mudah dijalankan. Namun masih banyaknya masyarakat yang bingung ataupun gagal karena budidaya ikan lele yang dijalankan tidak menghasilkan keuntungan, bahkan ada yang merugi.

Sosialisasi budidaya ikan lele dipilih karena beternak lele mudah dikembangkan dengan memanfaatkan pekarangan rumah dengan media kolam terpal. Ikan lele pun tak butuh beragam fasilitas, dan teknologi yang mutakhir. Ikan lele mampu bertahan hidup di berbagai kondisi termasuk perairan yang minim oksigen dan kotor. Usaha ini tidak dibutuhkan modal yang besar. Biaya perawatan dan operasionalnya pun bisa dibilang terjangkau.

Untuk memulai usaha budidaya ikan lele memang membutuhkan pemahaman yang benar agar usaha memberikan keuntungan. Hal itu seperti yang dipaparkan oleh Narasumber di depan masyarakat yang hadir.


Mahasiswa KKN TT UNA berharap dengan adanya sosialisasi budidaya lele bisa menambah wawasan serta pengetahuan masyarakat dalam budidaya ikan lele dengan baik dan benar guna meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Aek Loba.

Seperti kata Muhammad Surya selaku Ketua Kelompok KKN UNA 08 Desa Aek Loba, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat dalam budidaya ikan lele supaya dapat meningkatkan perekonomian, minimal meningkatkan pendapatan rumah tangga.


"Masyarakat dapat memanfaatkan lahan dipekarangan dan lahan yang tidak produktif sebagai kolam untuk budidaya ikan lele. Kalangan ibu rumah tangga yang kesehariannya banyak dirumah juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan budidaya lele ini, untuk meningkatkan perekonomian keluarga", ungkapnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama serta pemberian benih ikan lele sebanyak 500 ekor sebagai bentuk motivasi. (PM01)

Posting Komentar

0 Komentar