Pasang Iklan Murah

Pasang Iklan Di Sini

Fakultas Pertanian UNA Kerja Sama Internasional dengan RESEACH Universiti Di Malaysia.

Persma Grahita - Fakultas Pertanian Universitas Asahan (Faperta UNA)  terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan kerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri menjadi strategi yang di tawarkan. Sejalan dengan perkembangan dan prestasi yang di peroleh oleh Civitas Akademika, Universitas Asahan telah bekerja sama dengan perguruan tinggi diluar negeri yakni Universitas Putra Malaysia (UPM) (15/10/2019). Kerja sama tersebut di tandai penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU)  dengan berlangsung di kampus Universitas Putra Malaysia (UPM).

Dihadiri Rektor Prof Datin Paduka Dato Dr Aini Ideris FASC,  DSIS,  PSK,  KMN dan Dekan Fakultas Pertanian UPM.  Disaksikan Sekretaris Yayasan Universitas Asahan Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.si, Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) Universitas Asahan Abdul Rahman,  M.Pd,. M,si dan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Asahan Safruddin, Sp, M.MA serta Dosen dan Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Asahan. 

Adapun ruang lingkup kerja sama tersebut meliputi penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan riset,  nota kesepahaman yang di tanda tangani bersama ini mencakup kerja sama pada bidang pengajaran, pertanian, penelitian, pertukaran mahasiswa dan dosen serta melakukan riset bersama agar adanya transfer teknologi.

Selain MOU ke UPM,  juga dilaksanakan Seminar Internasional di Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM)  dengan narasumber Assoc. Prof. Dr. Edy Henanto Majlan, Amicheme.  Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan bahwa bersedia menjadi pembimbing penulisan dosen untuk dapat di publish di Jurnal Scopus,  dan Thomson. 

Rektor Universitas Asahan Prof. Dr. Ibnu Hahar. M. Si. mengungkapkan dalam menghadapi persaingan global dan era revolusi industri 4.0 yang semakin kompleks,  institusi pendidikan di tuntut untuk mampu berperan aktif,  inovatif,  dan inspiratif sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berdaya saing unggul. 

Upaya yang bisa dilakukan oleh institusi pendidikan terutama perguruan tinggi adalah dengan menjamin kerja sama internasional dengan perguruan tinggi lain di berbagai negara.

"Tujuan utama dan kerja sama ini untuk membangun sineral dan kolaborasi ilmiah baik di bidang pendidikan, penelitian, riset dan pengabdian masyarakat" ungkapnya. 

Secara khusus, lanjut Rektor Prof. Ibnu Hajar, M.Si., kerja sama ini di fokuskan pada program dan kegiatan kegiatan seperti konferensi, seminar,  workshop bersama,  pertukaran dosen dan mahasiswa,  publikasi ilmiah. Ia juga mengharapkan kerja sama ini memberikan kontribusi khususnya dalam peningkatan kualitas pendidikan di indonesia. 

Oleh karena itu setiap perguruan tinggi harus melibatkan diri pada kegiatan kegiatan tingkat internasional. Seperti publikasi jurnal internasional,  keterlibatan dosen pada seminar internasional,  pembelajaran jarak jauh, penggunaan bahasa asing dalam pembelajaran dan lain sebagainya.  Dengan demikian keberadaan perguruan tinggi diakui secara internasional. (PM46)

Posting Komentar

0 Komentar