Pers Mahasiswa AreaWednesday, 18 Oct 2017
Find Us on : RSS/Feed Facebook Twitter

Penyalahgunaan Dana Oleh Mantan Dosen di Denpasar

- 12 August 2017, 08:08

Eks Dosen di Denpasar Ditangkap Polisi Terkait Penipuan Rp 18 M

Persmahasiswa.com- Penyalahgunaan uang nasabah koperasi untuk investasi saham yang dilakukan oleh seorang pria asal Denpasar, Bali yang bernama I Made D (42) sebesar Rp 18 miliar. Made ditangkap jajaran Ditreskrimum Polda Bali yang mana merupakan mantan dosen di salah satu universitas swasta di Denpasar, Bali.

Seperti yang dilansir dari detik.com, Made menjabat sekretaris di Koperasi Putra Amerta Tegalalang Gianyar. Made melakukan cara dengan menjanjikan bunga tinggi untuk tabungan para korban. “Belakangan, para nasabah tidak bisa menarik uang mereka yang ditabungkan, alasan tersangka uangnya sudah habis. Nah, ini dipinjam dan juga dipergunakan untuk menginvestasikan pada bursa saham, tapi dia justru kalah,” ujar Kasubdit II Ditreskrimum Polda Bali AKBP I Gede Nyoman Artha.

Para korban tersebut bersama-sama melapor ke Polda Bali. Kemudian dilakukan pemeriksaan terhadap tersangka. Menurut pengakuan para korban, terdapat Rp 18 miliar uang nasabah yang digunakan tersangka sejak 14 tahun yang lalu.

“Jadi ada 22 korban yang melapor ke Polda Bali terkait dugaan penipuan dan penggelapan uang nasabah ini. Sehingga dilakukan pendalaman dan penyelidikan, penyidik kemudian menetapkan sebagai tersangka,” kata Artha saat dikonfirmasi, Jumat (11/8/2017). Kemudian, Made dijerat dengan Pasal 46 juncto Pasal 378 KUHP dan Pasal 374 juncto Pasal 55 KUHP tentang penipuan dan penggelapan. Dikutip dari detik.com.

Saat ini, penyidik tengah mencari ketua koperasi, I Wayan S. karena diduga telah mengetahui dan membiarkan aksi Made. Kemudian akan diperiksa terkait dugaan penyalahgunaan dan wewenang yang telah dilakukan Made.

“Kita masih kembangkan. Besar kemungkinan akan ada tersangka lain dalam kasus ini,” pungkas Artha. Kutipan detik.com.

 

-ARL

 


Informasi Terkait artikel ini :