Pers Mahasiswa AreaWednesday, 18 Oct 2017
Find Us on : RSS/Feed Facebook Twitter

Kisah perjalanan Tim ALDeX menuju puncak Denali

- 11 August 2017, 04:08

 

Denali_wikipedia

PERSMAHASISWA.COM, Yogyakarta – Masih ingat  kah dengan Mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam Unair (Wanala) yang tergabung dalam Atlet Airlangga Indonesia Denali Expedition (AIDeX), yang melakukan perjalan menuju salah satu puncak The Seven Summit, yakni :Gunung Denali, Amerika Utara.

Mahasiswa itu adalah Muhammad Faishal Tamimi (Fakultas Vokasi/2011), Mochammad Roby Yahya (Fakultas Perikanan dan Kelautan/2011), dan Yasak (alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).

Dua orang Mahasiswa yakni  Muhammad Faishal Tamimi (Fakultas Vokasi/2011), Mochammad Roby Yahya (Fakultas Perikanan dan Kelautan/2011) mereka sedikit berbagi cerita tentang Perjalanan mereka menuju puncak gunung Denali, Amerika Utara.

Menurut Faishal perjalanan berawal dari San Francisco dan sudah mulai dingin dan berangin. Suhu na berkisar antara 13 sampai 17 derajat Celcius. Lalu mereka mengenakan jaket supaya suhu tubuh mereka tetap terjaga.

Sebelum Mereka sampai pada tempat tujuan, yakni gunung Denali, mereka harus menempuh perjalan hingga sampai desa terakhir.

Banyak kisah inspiratif, mereka bertiga termasuk Yasak benar-benar mempraktikkan teknik evakuasi diri. Karena, pemandu tim terjatuh selang beberapa meter sebelum mencapai kamp pertama.

Namun karena sebelum keberangkatan mereka sudah latihan moving together, saat itu juga mereka spontan langsung sigap dan menyelamatkan rekan se timnya itu.

Tak hanya sampai situ saja, mereka juga kekurangan oksigen ketika mereka berada pada ketinggian 5.000 Mdpl, mereka harus ambil nafas dalam-dalam untuk melanjutkan perjalanannya, hingga mereka harus berhenti beberapa hari karena minimnya oksigen dan juga karena angin.

Namun hal itu tidak menyurutkan niat mereka untuk mengibarkan bendera merah putih dan UNAIR di puncak Gunung Denali dengan ketinggian 6.194 Mdpl.

Menurut Robby yang dikutip dari okezone.com jumat 11/08/2017, bahwa “Ketika kita berangkat saja udah white out di hari kedua. Itu sejak kita berada di basecamp”, tuturnya.

Berkat niat dan kegigihannya mereka berhasil menginjakkan kaki dan mengibarkan bendera merah putih serta UNAIR di  Gunung Denali Amerika Utara, yang termasuk salah satu dari The Seven Summits.

-SJ-


Informasi Terkait artikel ini :