Pers Mahasiswa AreaWednesday, 18 Oct 2017
Find Us on : RSS/Feed Facebook Twitter

Robot Pelacak Korban Gempa Bumi Karya Mahasiswa Aceh

- 11 June 2017, 11:06

RopoPersmahasiswa.com, Yogyakarta – Letak Indonesia yang berada di pertemuan antara lempeng-lempeng tektonik dunia dan juga dilewati oleh gugusan gunung api dunia menyebabkan Indonesia menjadi Negara yang rawan akan gempa bumi.

Karena alasan ini, lima mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, Aceh menciptakan robot yang berfungsi sebagai penunjuk jalan bagi tim pencari korban bencana gempa bumi. Kelima mahasiswa ini menginginkan dengan adanya robot ini dapat memudahkan penanganan masalah bencana gempa bumi yang sering melanda Negara Indonesia seperti memudahkan tim SAR untuk melacak keberadaan korban gempa bumi.

Manfaat lain dari alat ini adalah untuk meminimalisir terjadinya penambahan korban bencana, baik itu korban bencana gempa bumi maupun korban dari tim SAR yang sedang mengevakuasi korban.

Adapun kelima mahasiswa tersebut adalah Bima Sakti, Syadza Sausan, Achmi Yuliani, Intan Permatasari, dan Hendrik Leo dimana dalam prosesnya dibimbing oleh Mohammad Syaryadhi ST MSc. Robot yang dibuat oleh kelima mahasiswa ini diberi nama Robot Pointer (RoPo).

“Tim SAR yang berperan sebagai pengevakuasi korban bencana tidak perlu meninjau langsung ke lokasi bencana, karena tim SAR dapat menerjunkan RoPo ke lokasi bencana,” ujar Bima selaku Ketua Tim Pembuatan alat ini dikutip dari detik.com

Menurut Bima, ketika telah diterjunkan ke lokasi bencana RoPo akan mengirimkan informasi tentang rute yang paling aman untuk dilalui tim SAR dan rincian lokasi korban.

“Namun setidaknya alat ini menjadi suatu terobosan baru dalam mitigasi bencana, mengingat indonesia sendiri merupakan Negara yang sangat sering mengalami bencana,” lanjutnya dikutip dari tempo.com.

-MRD-


Informasi Terkait artikel ini :