Pers Mahasiswa AreaWednesday, 18 Oct 2017
Find Us on : RSS/Feed Facebook Twitter

Mahasiswa Ditekankan untuk Melek Literasi Digital

- 11 June 2017, 08:06

mahasiswa-ditekankan-untuk-melek-literasi-digital-v0zXi0PZUzPERSMAHASISWA.COM- Yogyakarta, Perkembangan teknologi yang semakin berkembang menuntut adanya peningkatan kemampuan dalam penggunaan teknologi . Saat ini , salah satu permasalahan yang dihadapi di  dunia kampus adalah kesenjangan antara kemampuan mahasiswa mengoperasikan teknologi sebagai sarana bersosialisasi dengan kemampuan mereka menggunakan teknologi sebagai alat pembantu belajar.

Munculnya berbagai fitur sosial media membuat mahasiswa banyak menghabiskan waktunya untuk menikmati beragam fitur sosial media hingga ragam konten hiburan daripada menggunakan teknologi  terutama internet untuk kepentingan pendidikan .

Meminjam istilah Vice President of Higher Education, David Hutchins, para mahasiswa kini kekurangan literasi digital. “Salah satu tujuan literasi digital adalah mengajar mahasiswa untuk beralih dari konsumen media menjadi pembuat media. Atau bagaimana membuat mahasiswa mengembangkan konten menggunakan bantuan teknologi,” papar David seperti yang dinukil dari laman EdTech.

Literasi digital, terang David, mencerminkan apa yang dibutuhkan oleh industri pekerjaan ke depan yakni berpikir kritis terhadap suatu persoalan dan berperan aktif untuk menyelesaikannya. “Institusi mungkin perlu berbuat lebih banyak untuk membuat mahasiswa bisa memanfaatkan teknologi dalam dunia pendidikan secara efektif,” imbuhnya.

David merekomendasikan penerapan literasi digital dengan empat praktik terbaik versi New Media Consortium (NMC). “Pertama, terlibatlah dalam implementasi strategis. Kedua, fokus pada mahasiswa sebagai ‘pencipta’. Kemudian bangun kerja sama dengan industri pendidikan. Terakhir, kembangkan kolaborasi cerdas,” ungkapnya.

Ia mengatakan, literasi digital ini dibutuhkan di era baru seperti sekarang. Sebab melalui literasi digital, institusi bisa melibatkan mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan sebagai warga negara, karyawan, dan anggota masyarakat.

Maka  dari itu , mahasiswa perlu banyak belajar dalam pengelolaan  teknologi untuk tujuan pendidikan guna menambah wawasan dalam pencapaian prestasi daripada hanya sekedar menikmati fitur –fitur sosial media yang berkonten hanya untuk hiburan saja .

Nazih

dikutip dari okezone.com


Informasi Terkait artikel ini :