Pers Mahasiswa AreaFriday, 18 Aug 2017
Find Us on : RSS/Feed Facebook Twitter

Festival Angklung di Universitas Italia, Upaya Promosi Seni Budaya Indonesia

- 7 June 2017, 08:06

Dosen dan mahasiswa Italia bermain angklungPersmahasiswa.com, Yogyakarta – Dilansir dari antaranews.com, Alat musik asli Indonesia yang telah dinobatkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNISCO pada 2010, yaitu angklung dipertunjukkan secara apik oleh kelompok angklung La Campania dari Kedutaan Besar Indonesia di Roma pada acara festival del Turismo Sostenibile atau Festival Pariwisata Berkelanjutan. Festival tersebut diselenggarakan Fakultas Teknik Universitas Tor Vergata Roma.

Lagu Kumbanglah Bungo, Que Sera Sera hingga O Sole Mio dibawakan secara rancak hingga membuat meriah suasana.

Kelompok angklung yang beranggotakan warga dan dispora Indonesia yang ada di Roma ini baru saja terbentuk. Namun kepiawaian dalam membawakan lagu populer berhasil memeriahkan suasana dan mampu membuat hadirin tertarik. Mereka sangat terkesan, terlebih saat memperoleh kesempatan belajar memainkan angklung bersama pada lagu O Sole Mio.

Universitas yang dinobatkan sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Roma ini secara khusus meminta KBRI Roma untuk menampilkan seni budaya tradisi Indonesia. Angklung pun dipilih karena alat musik ini dibuat dari material alami dengan proses yang ramah lingkungan, sejalan dengan konsep promosi pariwisata berkelanjutan.

Guru besar Fakultas Teknik Universitas Tor Vergata, Profesor Angelaccio, menyatakan kekagumannya terhadap seni Budaya Indonesia.  Menurut Angelaccio, keragaman budaya tradisi yang dilestarikan secara turun temurun menjadi kekuatan tersendiri dalam mempromosikan sektor pariwisata Indonesia.

Serangkaian kegiatan festival berlangsung selama dua hari pada tanggal 5 dan 6 Juni, panel-panel yang terdiri dari praktisi dan pakar pariwisata berkelanjutan Italia membahas strategi mewujudkan sistem usaha wisata yang ramah lingkungan dan sekitar.

Upaya promosi seni budaya dan kuliner Indonesia di Italia gencar dilaksanakan KBRI Roma melalui berbagai kegiatan guna menjaring lebih banyaknya wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia.

 

-JJ-


Informasi Terkait artikel ini :