Pers Mahasiswa AreaWednesday, 18 Oct 2017
Find Us on : RSS/Feed Facebook Twitter

Warga Jogja Peringati Hari Lahir Pancasila

- 1 June 2017, 10:06

Sultan HB X dan Ribuan Warga Yogyakarta Peringati Hari Lahir Pancasila

Persmahasisw.com, Yogyakarta – Dalam memperingati hari lahir Pancasila, ribuan warga Yogyakarta tumpah ruah di Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Kamis (01-06-2017).

Jumlah peserta acara yang digagas oleh Gerakan Rakyat Pancasila DIY itu diperkirakn mencapai lebih dari 1500 orang, terdiri atas pelajar, guru, mahasiswa, TNI/Polri, abdi dalem serta masyarakt umum.

Sri Sultan HB X dalam orasi kebangsaanya mengatakan Pancasila sebagai dasar negara jangan hanya menjadi slogan atau simbol semata. Tetapi harus dimaknai dan nilai-nilai Pancasila benar-benar diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pancasila sebagai ideologi terbuka memiliki 2 dimensi, nilai ideal dan aktual. Namun nilai-nilai itu kini dipengaruhi oleh nilai-nilai neo liberalisme bersama dengan globalisasi informasi dan juga ditumpangi oleh paham radikalisme agama dan menariknya ke ranah politik identitas,” kata Sultan dalam orasinya seperti dikutip dalam news.detik.com.

Dilansir dalam antaranews.com, acara terselenggara berkat gotong royong seluruh warga Yogyakarta. Hal itu antara lain dibuktikan dengan terkumpulnya sebanyak 18.000 nasi bungkus yang merupakan sumbangan masyarakat dari lima kabupaten/kota di DIY.

Dalam acara itu, Gubenur DIY Sultan Hamengku Buwomo X beserta keluarga duduk lesehan membaur dengan warga Yogyakarta.

Terpisah dikutip dalm news.detik.com, sekelompok mahasiswa di Yogyakarta juga menggelar aksi dengan menggunakan pakaian tradisional. Mereka menyerukan beberapa tuntutan terkait ancaman radikalisme di dunia Pendidikan.

Mereka menuntut Pemerintah untuk memberantas radikalisme dengan mempercepat kesejahteraan rakyat dengan memastikan sistem Pemerintah dan berkeadilan.

 

(JJ)

 


Informasi Terkait artikel ini :