Pers Mahasiswa AreaFriday, 18 Aug 2017
Find Us on : RSS/Feed Facebook Twitter

Indonesia-Perancis Sepakat Tingkatkan Pertukaran Mahasiswa dan Ilmuwan Muda

- 29 March 2017, 08:03

YOGYAKARTA,PERSMAHASISWA.COM – Sejarah baru kembali tertulis dengan kunjungan Presiden Perancis, Francais Hollande ke Tanah Air. Disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo, keduanya melakukan pembaruan kerja sama pendidikan dan penelitian yang sebelumnya ditandatangani pada 1979.
Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) bidang iptek dan pendidikan tinggi tersebut dilakukan Menteri Muda Bidang Industri, Digitalisasi, dan Inovasi Prancis, Christophe Sirugue bersama Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir.
Peningkatan kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Perncis khususnya di bidang riset, teknologi dan pendidikan tinggi memiliki nilai strategis bagi keduanya.
“Penandatanganan perjanjian ini merupakan momentum kebangkitan kerja sama iptek, inovasi dan pendidikan tinggi antara kedua negara,” ujar Ainum Naim, Sekretaris Jenderal Kemristekdikti seperti dikutip dalam Antaranews.com
Beberapa point yang menarik dalam kesepakatan antara lain peningkatan pertukaran mahasiswa, trainee, dosen dan ilmuwan muda. Selain itu, Perancis juga akan membantu pengembangan pendidikan vokasi dengan kunjungan para staf ahli dan pakar.
Selanjutnya Mohamad Nasir, menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengungkapkan, kerjasama diintesifkan pada pengembangan dan penilaian kurikulum dan kualifikasi, pertukaran informasi program gelar sarjana di kedua negara untuk membantu proses pengakuan akademik bagi sarjana dan diploma.
“Sedangkan di sektor pendidikan tinggi kerja sama diintensifkan di bidang pembelajaran dan pengajaran, teknologi pembelajaran inovatif, dan pengakuan bersama tentang gelar akademik dan diploma, serta pertukaran informasi tentang sistem pendidikan dan kurikulum yang sesuai dengan peraturan berlaku di masing-masing negara,” jelas Nasir seperti dikutip dalam Okezone.com

  • JJ

Informasi Terkait artikel ini :