Pers Mahasiswa AreaSaturday, 18 Nov 2017
Find Us on : RSS/Feed Facebook Twitter

Tim Psikolog di Posko Pengungsi Korban Gempa Aceh

- 12 December 2016, 11:12

ridhanazuhraa PERSMAHASISWA.COM – Beberapa Universitas di Aceh mengirimkan mahasiswa psikologi dan psikolog ke lokasi gempa di posko-posko pengungsian di Pidie Jaya. Tujuannya adalah untuk memulihkan trauma yang dialami oleh korban gempa pascabencana. Beberapa Universitas itu diantaranya, Universitas Muhammadiyah Aceh, Universitas Negeri Islam Ar-Raniry, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Malikussaleh (Unimal) dan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi).

Salah satu pemimpin tim psikolog dari Unimal, Nursan Junita, mengatakan tim yang dikirimkan menggelar aksi psikososial dengan melakukan terapi bermain dengan anak-anak dan melakukan group support therapy dengan ibu-ibu dengan melakukan konseling kelompok, psikoedukasi tentang reaksi ketika terjadi bencana, berbagi cerita serta melakukan relaksasi.

“Berbagi cerita dan melakukan teknik relaksasi juga dilakukan tim, ujar Nursan Junita dikutip dari Tempo.co.

Sedangkan, dari Unsyiah mengirimkan tim psikolog yang berasal dari dosen dan mahasiswa Program Studi Konseling FKIP Unsyiah dengan melakukan trauma healing dan konseling untuk mengatasi trauma, khususnya anak-anak.

Gempa berkekuatan 6,5 SR pada 7 Desember 2016 mengakibatkan banyak korban berjatuhan dan ratusan bangunan rubuh di Pidie Jaya, Pidie, dan Bireuen. Hingga saat ini pencarian korban masih terus dilakukan dan ribuan orang yang selamat masih mengungsi.

-MRD-


Informasi Terkait artikel ini :