Pers Mahasiswa AreaWednesday, 18 Oct 2017
Find Us on : RSS/Feed Facebook Twitter

Pelatihan tim PFA (Psychology First Aids) STIPSI Jogja dan ILMPI

- 13 August 2016, 04:08

IMG_20160812_152737

PERSMAHASISWA.COM – Yogyakarta, ketika terjadi sebuah bencana alam biasanya banyak sekali relawan yang datang untuk membantu mereka, biasanya sebelum mereka terjun kelapangan pasti di beri suatu pengarahan, dan materi,  supaya lebih mengerti Standar Operasionalnya dan supaya bisa menangani penyintas atau korban dengan benar, dan tidak merugikan mereka.

Seperti yang dilakukan Mahasiswa STIPSI dan tim PFA ILMPI yang baru terbentuk sebagai tim relawan atau PFA ( Psikologi First Aids ) telah melakukan pelatihan  tepatnya  di Desa Wisata Penting Sari mereka dibekali beberapa materi tentang bagaimana menjadi seorang  Voulentir atau Relawan.

Acara tersebut dimulai pada hari Jum’at ( 12/08/2016) dan selesai pada hari Sabtu ( 13/08/2016), acara dibuka oleh Wakil ketua STIPSI yaitu : Ibu Galuh Setia Winahyu S.Psi M.psi. kemudian dibuka oleh Ketua dari ILMPI wilayah IV yaitu : Bambang Indrawan , dan acara selanjutnya di isi oleh wakil dari tim MERCY ( Medical Emergency Rescue Comite ) yaitu : Sakti Mutiara Evitasari, ia menjelaskan tentang beberapa materi tentang Mitigasi , salah satunya yang sangat penting sebagai seorang relawan yaitu Kode Etik Relawan, yang didalamnya ada  Integritas, Disiplin, bekerja dengan profesional dan ahli dalam bidangnya, tidak mengutamakan kepentingan pribadi, siap melayani dan bukan dilayani, dan seterusnya.

Lalu acara break pada jam 18:02 dan dilanjutkan sekitar jam 19:21 oleh : Seta Widi Lesmana  dengan Materi Need Assesment  mereka diajarkan bagaimana langkah pertama ketika menemui  seorang penyintas di lokasi Bencana , kemudian istirahat.

Dan paginya  dimulai dengan olahraga dan beberapa games, selesai jam 10:00 kemudian sebagai acara penutup diisi oleh : Fani Fauzi  M.Si dengan tema Intervensi, Semua peserta dituntut untuk lebih bisa mengexpresikan diri mereka, bagaimana menjadi seorang Voulentir atau Relawan, dengan membentuk sebuah kelompok dan memunculkan ide-ide peserta.

 

-SJ-


Informasi Terkait artikel ini :